? ??????????????LV Fashion? ????? ?? ???Rating: 4.4 (16 Ratings)??248 Grabs Today. 10821 Total Grabs. ????
??Preview?? | ??Get the Code?? ?? ?????????????????????????????Louis Vuitton? ????? ?? ???Rating: 4.2 (349 Ratings)??197 Grabs Today. 44027 Total Grabs. ??????Preview?? | ??Get the C BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS ?

Jumat, 26 Februari 2010

beberapa contoh pengolah kata :)

OpenOffice.org Writer

OpenOffice.org Writer
OOoWriter.svg
OpenOffice.org Writer.png
Pengembang Sun Microsystems, komunitas
Versi rilis terbaru 3.0.1 / 27 Januari 2009 (2009-01-27), 395 hari yang lalu
Jenis Pengolah kata
Lisensi GNU Lesser General Public Licence
Situs web www.openoffice.org

OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.

Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.

Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).

-----------------------------------------------------

Microsoft Word




Microsoft Word
Pengembang Microsoft
Versi rilis terbaru 12.0.6211.1000 (2007 SP1) / 11 Desember 2007 (2007-12-11), 809 hari yang lalu
Sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X
Jenis Pengolah kata
Situs web http://office.microsoft.com/word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Sejarah

1981-1990

Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.

Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.

Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.

Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.

Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

Tahun 1990-1995

Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

------------------------------------------------------


AbiWord - Perangkat Lunak Pengolah Kata


Mungkin kita sudah mengenal dan sering menggunakan Microsoft Office khususnya Microsoft Word, atau mungkin juga diantara anda ada yang sudah tahu dan menggunakan Open Office. Mungkin perangkat lunak kali ini bisa menjadi salah satu pilihan anda dalam mengolah kata.

AbiWord nama perangkat lunaknya (AbiSource), sama halnya dengan MS Word, AbiWord berfungsi untuk mengolah kata. Menu pada AbiWord mudah untuk digunakan, bila kita sering menggunakan MS Word tampilan menunya hampir mirip. Selain untuk memproses kata, perangkat lunak ini juga cukup baik dalam memasukkan sebuah gambar, membuat mail merger, memasukkan nomor halaman, tanggal dan waktu, serta memasukkan tabel. Semuanya hanya dilakukan dengan beberapa kali klik, very user friendly.

Perangkat lunak ini mungkin layak untuk anda coba, selain cukup baik untuk memproses kata, yang terpenting adalah perangkat lunak ini free alias Gratis alias tidak perlu membayar, jadi kita bisa menghemat uang dan mendapatkan software yang bukan bajakan, betul tidak :). Perangakat lunak ini selain dapat dijalankan di Windows, juga dapat dijalankan di Mac OS, GNU/Linux, QNS dan BeOS.


Screenshot

Yang menarik dari AbiWord ini adalah, pada saat akan menginstall terdapat pilihan Bahasa Indonesia, jadi memudahkan kita untuk memahami menu-menu yang ada pada perangkat lunak ini.


---------------------------------------------------------


KWord



KWord adalah aplikasi pengolah kata, bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE.

Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapkan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord, dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara keduanya. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.


-----------------------------------------------------

WordStar

WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP/M dan kemudian di tulis ulang untuk platform DOS, sempat mendominasi pasar pada era 1980an. Meskipun Seymour I. Rubinstein adalah pemilik perusahaan, Rob Barnaby merupakan pencipta versi-versi awal dari program; dimulai sejak WordStar 4.0, program dibuat berdasarkan kode yang ditulis oleh Peter Mierau.

Sejarah

WordStar 4 for CP/M, Dirilis 1987

WordStar pertama kali dibuat untuk CP/M pada tahun 1978. Program ini menyajikan banyak fasilitas, kemudahan dalam penggunaan dan menjadi standar umum pengolah kata untuk sistem operasi CP/M. Pada tahun 1981 WordStar versi 2.26 disertakan dalam paket komputer portable Osborne 1. Sebagai catatan, WordStar merupakan program pengolah kata terakhir yang berjalan pada CP/M. Release 4, versi terakhir yang mendukung CP/M, dijual pada media disket 5¼", dan tersedia pula versi media disket 8".

WordStar for DOS versi 3.0 dirilis pada April 1982. Versi DOS sangat mirip dengan versi asli yang berjalan dibawah CP/M, dan meskipun IBM PC menyediakan tombol arah dan tombol fungsi (F1, F2, dll), tombol panah versi WordStar yang dikenal sebagai "WordStar diamond" dan tombol Ctrl lainnya tetap dipertahankan, mengakomodasi transisi bagi pengguna yang biasa menggunakan CP/M. Kemampuan WordStar untuk menggunakan modus "non-document" untuk menciptakan file teks ASCII tanpa kode format membuatnya populer di kalangan programmer untuk menulis kode program.

WordStar versi awal yang berjalan di DOS hanya merupakan hasil port dari versi CP/M, dan karenanya hanya menggunakan RAM 64K meskipun DOS mendukung penggunaan RAM hingga 640K. Pengguna segera mengetahui bahwa mereka dapat menjalankan versi WordStar ini secara cepat dengan memanfaatkan kemampuan DOS untuk menggunakan sebuah "RAM disk" di memori, dan menyalin seluruh file program WordStar ke dalamnya. WordStar masih membutuhkan akses ke "disk" secara rutin, tapi sangat cepat dibanding menjalankannya pada disket. Namun, dokumen yang diedit masih disimpan ke RAM disk, dan harus disalin ke media fisik (misalnya disket) sebelum reboot atau mematikan komputer.

Pada pertengahan 1980an WordStar merupakan program pengolah kata paling populer di dunia. Tapi IBM mendominasi pasar "pengolah kata yang sesungguhnya" dengan produk yang bernama IBM DisplayWrite, yang berjalan pada mesin yang khusus dirancang untuk menulis dan mengedit dokumen. Terdapat banyak mesin khusus pengolah kata saat itu, tapi saingan utama IBM adalah Wang Laboratories. Mesin khusus itu berharga sangat mahal dan umumnya digunakan dengan harus melalui sebuah terminal yang terhubung dengan mainframe atau komputer tingkat menengah.

Ketika IBM mengumumkan akan membuat pengolah kata versi PC dengan nama DisplayWriter ke pasar, MicroPro segera mengalihkan fokusnya dengan membuat program serupa yang dipasarkan dengan nama WordStar 2000. Sayang hasilnya tidak sesukses yang diharapkan oleh para pengembangnya. Perhatian yang kurang diberikan oleh MicroPro terhadap versi asli WordStar saat itu, ditambah lagi dengan kurangnya dukungan WordStar 2000 terhadap format file & penggunaan tombol WordStar, telah membuka kesempatan bagi produk dari kompetitor untuk mengambil alih pasar. WordPerfect, disisi lain, menggunakan kombinasi tombol yang sama dengan komputer pengolah kata populer buatan Wang, yang membuatnya populer dikalangan sekretaris yang sedang beralih menggunakan PC.

MicroPro International segera merestrukturisasi menjadi WordStar International dan mempekerjakan kembali banyak "veteran" programmer WordStar yang meninggalkan perusahaan ketika pengembangan WordStar 2000, dan pada Oktober 1986 membeli kode yang digunakan oleh NewWord, sebuah aplikasi mirip WordStar dengan kemampuan yang telah ditingkatkan, ditulis oleh Peter Mierau untuk perusahaannya yang bernama NewStar. WordStar menggunakan basis-kode NewWord untuk memproduksi versi selanjutnya, menambahkan fitur yang telah lama dinanti seperti pengembalian teks yang telah terhapus dan pewarnaan format layar untuk fasilitas efek tebal, miring dan efek percetakan lainnya. Versi pertama yang dibuat dengan basis-kode juga disebut WordStar (atau WordStar Professional 4.0) dan dirilis untuk sistem operasi DOS dan CP/M. Versi selanjutnya — 5.0, 5.5, 6.0, dan 7.0 — hanya dirilis untuk DOS.

Persaingan internal antara pengembang "veteran" versi 6.5 (ditujukan untuk pengguna Microsoft Word), dan "generasi muda" yang mengembangkan versi 7.0 (ditujukan untuk pengguna WordPerfect), menyebabkan produk asli dikembangkan secara terpisah dan produk berikutnya dirilis lebih awal beberapa tahun dari tanggal jadwal peluncurannya; versi 7.0 Revision D, dirilis pada Desember 1992, merupakan versi final untuk DOS.

Seperti produsen aplikasi DOS populer lainnya, WordStar International menunda keputusan untuk membuat versi untuk Windows 3.0 yang telah populer. Perusahaan membeli aplikasi lain, sebuah software pengolah kata berbasis Windows yang telah ada sebelumnya, yang kemudian diubah namanya dan dirilis sebagai WordStar for Windows pada 1991. Program tersebut tergolong sangat baik dan menyertakan banyak fasilitas yang hanya dimiliki aplikasi publikasi berharga mahal. Sayangnya, penundaan peluncuran produk menyebabkan Microsoft Word secara pasti telah menjadi standar bisnis dan perusahaan selama penundaan yang kira-kira dua tahun sebelumnya.

WordStar kini tidak lagi dikembangkan, hanya dirawat atau dijual oleh pemiliknya; secara efektif berubah menjadi abandonware. Kini WorStar menjadi milik Riverdeep, Inc., sebuah perusahaan software pendidikan dan retail yang bermarkas di San Francisco, California.

WordStar masih secara aktif digunakan oleh beberapa ratus anggota milis WordStar Users Group. Mereka menyediakan dukungan tenis satu sama lain mulai Mei 1996 hingga hari ini. Juga tersedia beberapa paket download dari macro, script, driver printer & mouse terbaru pada situs WordStar Users Group.


sumber : google , wikipedia , dan blog orang :)

0 komentar: